top of page

Menteri Kesehatan dan Menko PMK Kunjungi Booth PT Medela Potentia di Pameran Hari Kesehatan Nasional ke-58



Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyelenggarakan Pameran Bangga Produk Inovasi dan Teknologi Kesehatan Dalam Negeri dalam mendukung Transformasi Sistem Kesehatan pada 3–5 November 2022 di Indonesia Convention Exhibition BSD, Tangerang, Banten.


Acara ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Bapak Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Bapak Budi Gunadi Sadikin, dan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI Bapak Dante Saksono Harbuwono. Hadir dari PT Medela Potentia, Presiden Direktur PT Medela Potentia Bapak Krestijanto Pandji, beserta segenap direksi dan manajemen PT Medela Potentia lainnya.


HKN diperingati tiap tanggal 12 November dimana tahun ini mengusung tema “Bangkit IndonesiaKu Sehat NegeriKu”. Dalam keterangan tertulis, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes yang juga Ketua Umum HKN Ke-58 tahun 2022, Ibu dr. Maria Endang Sumiwi MPH., menyatakan bahwa sistem kesehatan yang lebih kuat akan diwujudkan melalui transformasi sistem kesehatan melalui enam pilar transformasi.


PT Medela Potentia dengan pengalaman lebih dari 42 tahun di industri kesehatan memiliki end-to-end competency yang memperkuat pilar ke-3 program transformasi sistem kesehatan, yaitu transformasi sistem ketahanan kesehatan, terutama sektor farmasi dan alat kesehatan.



Peran Strategis PT Medela Potentia dan Entitas Anak Dalam Ketahanan Alat Kesehatan Dalam Negeri


Pada sesi peninjauan pameran HKN, Menko PMK, Menkes dan Wamenkes mengunjungi booth PT Medela Potentia yang terletak di Hall 3. Dalam kesempatan tersebut, dijelaskan terkait kontribusi PT Medela Potentia untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tinggi serta komitmen memproduksi alat kesehatan dalam negeri.


PT Medela Potentia melalui PT Djembatan Dua telah memiliki visi kemandirian produk dalam negeri sejak 2011 melalui peluncuran produk alat kesehatan dengan merek Stardec. Sejak sistem e-katalog LKPP untuk alat kesehatan dimulai pada 2014, produk Stardec sudah masuk dalam proses pengadaan alat kesehatan dalam negeri melalui beberapa produk masker, glove dan saat ini sudah ada 50 item produk Stardec masuk e-katalog LKPP dan masih akan bertambah untuk tahun mendatang.


“Untuk meningkatkan ketahan alat kesehatan, industri alat kesehatan dalam negeri semakin agresif meningkatkan daya saing karena kesempatan yang baik melalui kebijakan pemerintah terkait substitusi impor,” kata Direktur PT Djembatan Dua, Bapak Edbert Orotodan.



PT Medela Potentia juga siap menggarap bisnis manufaktur yang memproduksi alat-alat kesehatan di dalam negeri. Menurut President Director PT Medela Potentia, Bapak Krestijanto Pandji, keseriusan merambah bisnis manufaktur ditandai dengan pendirian PT Deca Metric Medica (DMM) pada 2020 yang akan fokus memproduksi alat-alat Kesehatan. Pabrik DMM dirancang memenuhi standar kualitas internasional sehingga memungkinkan juga untuk bekerjasama dengan perusahaan alat-alat kesehatan multinasional.


“PT Medela Potentia memiliki kesiapan untuk menjalankan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan. Dengan didirikannya PT Deca Metric Medica, diharapkan dapat meningkatkan ketahanan alat Kesehatan dalam negeri, sekaligus menurunkan angka impor produk alat kesehatan,” kata Bapak Krestijanto.

bottom of page