top of page

Djembatan Dua Mendapatkan Sertifikat Authorized Economic Operator



PT Djembatan Dua berhasil mendapatkan sertifikat Authorized Economic Operator (AEO) dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Ditjen Bea dan Cukai) pada 22 Februari 2023. Sertifikat ini diberikan karena Djembatan Dua telah menerapkan safe, secure, dan patuh dalam perdagangan internasional.


Penyerahan sertifikat dihadiri pejabat tinggi Ditjen Bea Cukai diantaranya, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Bapak Askolani; Direktur Teknis Kepabeanan Bea dan Cukai, Bapak R. Fadjar Donny Tjahjadi; serta Direktur PT  Djembatan Dua, Bapak Edbert Orotodan yang menerima langsung pemberian sertifikat tersebut. 


Dengan sertifikat AEO ini, PT Djembatan Dua selaku operator ekonomi yang terlibat dalam pergerakan barang dalam rantai pasok secara internasional, telah memenuhi standar World Custom Organization atau standar keamanan rantai pasokan. Hal ini juga menunjukkan komitmen Djembatan Dua untuk melakukan cara-cara berbisnis yang baik dan patuh dengan regulasi pemerintah.


Dalam keterangannya, Bapak Askolani mengatakan Ditjen Bea dan Cukai terus mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi AEO. “Hal ini agar perusahaan dapat menerima manfaat kepabeanan. Apalagi semakin bertambahnya Mutual Recognition Arrangement (MRA) antara Bea dan Cukai Indonesia dengan Bea dan Cukai negara lain,” kata Bapak Askolani.


Sementara itu Bapak Edbert Orotodan berharap dengan diterimanya sertifkat ini, membuktikan  keunggulan PT Djembatan Dua. “Sertifikat AEO dapat memperlancar dan mengefisienkan proses impor dan ekspor di kemudian hari. Dan sertifikasi ini juga bisa menjadi bagian dari keunggulan bersaing,” ungkap bapak Edbert.


Sertifikat AEO memiliki manfaat yang baik bagi perusahaan di antaranya, menyederhanakan prosedur kepabeanan, penelitian dokumen, dan/atau pemeriksaan fisik sehingga dapat mengurangi biaya logistik. Perusahaan yang tersertifikasi AEO diakui di seluruh dunia sebagai perusahaan yang safe and secure  serta sebagai mitra bisnis  yang patuh  dan  taat  dalam  perdagangan internasional. 


Sementara itu bagi suatu  negara, AEO dipandang sebagai trustworthy country dalam perdagangan internasional karena telah menerapkan safety and security dalam logistic supply chain, sehingga  akan berdampak positif bagi perekonomian nasional.


PT Djembatan Dua merupakan anak perusahaan kedua di PT Medela Potentia yang mendapatkan sertifikat AEO setelah PT Anugrah Argon Medica pada tahun 30 Juli 2019. “Selaras dengan core values Strive For Excellence, PT Medela Potentia berkomitmen untuk menjadi kelompok usaha di bidang kesehatan yang andal melalui jaringan distribusi yang luas dan system supply chain yang kuat,” ujar Direktur Utama PT Medela Potentia, Bapak Krestijanto Pandji.

bottom of page